BEAUTY REVIEW: Sunscreen Wardah SPF 30

sunscreen wardah

Aku pertama kali membeli sunscreen Wardah sekitar bulan Juni 2016 di Watson seharga Rp30.000,-. Sudah hampir setahun berlalu dan aku sudah repurchase sekali di bulan Januari kemarin. Alasan aku repurchase akan aku jelasin di akhir post, jadi baca review-ku sampai selesai ya!

By the way, sunscreen Wardah ini termasuk murah dan ga cepat habis meskipun penggunaannya cukup rutin. Dengan harga Rp30.000,- aja isi sunscreen ini bisa bertahan hingga enam bulan lamanya. Padahal pemakaianku lumayan banyak dan aku sering banget pergi-pergi entah untuk ke kantor atau hang out. Hmmm, selain itu kandungan SPF 30 pada sunscreen juga kuanggap pas untuk iklim tropis di Indonesia.

A short explanation about sunscreen

Sebelum aku menuliskan review tentang si sunscreen Wardah, aku jelasin dulu ya sedikit mengenai sunscreen karena mungkin kamu belum terlalu paham apa sih sebenarnya fungsi dari penggunaan sunscreen, hehehe. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan banyak permasalahan kulit. Nah, dengan pemakaian sunscreen secara teratur, kulit kita juga bisa terhindar dari masalah kulit seperti penuaan dini, flek hitam, iritasi karena sunburn, dan sebagainya. Penggunaan sunscreen juga dianjurkan 15 atau 20 menit sebelum beraktivitas ke luar ruangan agar hasilnya maksimal.

A short explanation about Wardah Sunscreen

Sunscreen Wardah mengandung aloe vera dan pro vitamin B sebagai pelembab dan vitamin E sebagai antioksidan. Kandungan aloe vera pada sunscreen ini mungkin berfungsi untuk mengurangi atau mengatasi iritasi kali ya. Selain itu, formulasi suncreen wardah juga non-comedogenic dan cocok untuk semua jenis kulit. Jadi, apapun jenis kulit kamu, tetap bisa menggunakan sunscreen Wardah ini! Ohya, kemasannya juga handy dengan tutup flip top jadi mudah dan aman untuk dibawa saat bepergian.

sunscreen wardah

Wardah Sunscreen Review

Aku menggunakan sunscreen Wardah sebagai step skin care terakhir sebelum mengaplikasikan bedak. Fyi, aku jarang menggunakan makeup kecuali untuk acara-acara penting atau ketika hang out, jadi ketika weekdays aku hanya menggunakan skin care dan baby powder. Setelah membersihkan wajah, aku aplikasikan toner, pelembab atau day cream, lalu sunscreen Wardah ini. Pertama kali menggunakan sunscreen Wardah kulitku terasa agak perih dan panas, tapi tidak menimbulkan redness. Kupikir mungkin ini merupakan reaksi awal aja, jadi aku tetap menggunakannya seharian penuh. Teksturnya agak kental dan padat dan agak lama bisa meresap ke kulitku. Karena aku aplikasikan agak banyak mungkin ya, jadi butuh waktu beberapa menit hingga sunscreen bisa meresap sempurna. Tapi kalau aku hanya mengaplikasikan sedikit/ tipis, teksturnya bisa meresap dengan cepat ke kulit. Nah, karena aku malas untuk mengaplikasikan sunscreen secara berulang jadi aku pikir lebih baik aku langsung mengaplikasikan agak banyak saja di pagi hari atau sebelum beraktivitas.

Rasa perih dan panas yang aku rasakan berlangsung sekitar satu minggu, tapi yang membuatku heran adalah tidak munculnya redness di area wajahku. Padahal biasanya muncul redness jika aku menggunakan skin care yang menimbulkan rasa perih atau panas. Untungnya juga, tidak ada jerawat muncul meskipun terasa perih dan panas, jadi aku agak tenang untuk tetap menggunakannya. Setelah kira-kira satu minggu, rasa perih dan panas sudah tidak aku rasakan lagi dan gel-nya terasa nyaman di kulit. Karena produk sunscreen, aku ga bisa melihat hasilnya secara signifikan perubahan baik apa yang terjadi pada kulitku. So far, memang masalah kulit jarang terjadi selama aku menggunakan sunscreen Wardah ini entah hanya sugesti saja atau memang karena skin care lain yang kugunakan.

Tapi aku kurang suka dengan efeknya yang membuat kulitku jadi tampak berminyak setelah beberapa jam penggunaan. Padahal aku juga ga terlalu banyak menggunakan gel-nya dan jenis kulitku pun cenderung kering. Jadi, aku harus menepuk-nepuk kulit wajahku dengan tisu setelah beberapa jam untuk menghilangkan efek berminyak di wajah. Ya setiap kulit mengalami efek yang berbeda sih pastinya, jadi belum tentu ini akan kamu alami.

Overall aku suka dengan sunscreen Wardah ini karena terasa nyaman dan ga memberikan efek buruk apapun ke kulitku. Selain itu, harganya yang terjangkau dan isinya yang bisa digunakan hingga berbulan-bulan juga jadi keunggulan produk ini. Ohya, mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai penggunaan sunscreen Wardah saat makeup ya? Hmmm jujur aja karena aku jarang menggunakan makeup jadi penilaianku hanya berdasarkan pada pengalaman saat sesekali menggunakan makeup. Honestly, makeup yang aku apply ke wajah tetap bertahan lama saat menggunakan si sunscreen Wardah, jadi buat kamu yang suka menggunakan makeup, this is a good product for you. Dan review yang aku tulis ini juga jadi alasan kenapa aku repurchase sunscreen Wardah sebagai salah satu koleksi sunscreen-ku.

Selain sunscreen Wardah, aku juga menggunakan Sunscreen Avene yang hasilnya pun memuaskan. Just wait the review on this blog. Have a nice day, people! Bu-bye!

Tips:
Selalu ingat untuk menggunakan sunscreen kira-kira 20 menit sebelum ke luar ruangan ya supaya perlindungannya maksimal!

 

Recommended post: 9 Jenis Sisir dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

2 Comments

  1. Hai kak. Aku mau nnya dong hhe. Aku kan baru mau coba sunscreen wardah ini. Karna dlu aku cuma terfokus facial wash sm baby powder ajasih. Tp tmn2ku pd saranin untuk aku pake sunscreen atau sunblock. Nah menurut kk klo sesudah aku cuci muka pk facial wash, trs pakai sunscreen, aku msh ttp boleh pake baby powder atau ga stlh pake sunscreen? Tolong jwb ya kak, thx before!♡

    1. Boleh koook, silakan aja. Aku pun pake baby powder setelah pake sunscreen dan day cream hehehe 🙂

      Thank you for landing, ya 🙂

WRITE A COMMENT HERE!