Beauty: Langkah Mudah Membersihkan Spons Makeup

membersihkan spons makeup

Saat kamu merias wajah menggunakan spons, akan ada sisa makeup yang tertinggal di spons makeup kamu. Sisa makeup tersebut akan menjadi bakteri dan dapat menempel ke kulitmu ketika kamu mengaplikasikan makeup kembali. Bakteri-bakteri pada spons yang berinteraksi dengan kulitmu ini akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Untuk menghindari bakteri pada spons, kamu wajib banget nih membersihkan spons makeup secara rutin setelah penggunaan. Nah kali ini aku mau share ke kamu, cara mudah membersihkan spons makeup yang bisa kamu ikuti. Kamu cuma perlu satu wadah, sabun baby (aku pake Johnson & Johnson Baby Soap), dan air hangat aja. Setelah semua yang diperlukan terkumpul, baru deh kita mulai!

1. Siapkan wadah, air hangat, sabun bayi, dan kain bersih

membersihkan spons makeup

Siapkan beberapa barang yang diperlukan untuk membersihkan spons makeup, yaitu wadah, air hangat, sabun bayi, dan kain bersih. Pilihlah wadah dengan ukuran yang sesuai jumlah spons makeup yang akan kamu bersihkan. Gunakan wadah berukuran besar jika jumlah spons makeup yang akan kamu bersihkan cukup banyak. Kenapa aku pilih sabun bayi? Karena kandungannya lembut banget jadi ga akan merusak tekstur spons. Jangan sampe gara-gara sering dicuci spons malah jadi rusak teksturnya. Tapi kamu ga harus menggunakan sabun bayi juga kok. Cukup gunakan sabun yang biasa kamu gunakan aja yang kamu suka. Ohya, aku juga sempat membuat review tentang pengalaman aku menggunakan si Johnson’s Top-to-Toe Baby Wash ini sebagai daily face cleanser nih. Klik di sini untuk baca review-nya.

2. Rendam spons makeup di dalam air hangat terlebih dahulu


Rendam spons makeup di dalam wadah berisi air hangat hingga kotoran atau sisa makeup yang menempel di spons makeup melebur dalam air. Tunggu hingga air dalam wadah berubah warna menjadi keruh yang artinya kotoran dan sisa makeup telah luruh dalam air.

3. Angkat spons makeup dari dalam wadah setelah kotoran luruh, lalu bilas dengan air bersih


Setelah kotoran pada spons makeup luruh dalam air, angkat spons makeup lalu peras dan bilas spons makeup dengan air bersih. Biasanya sih kotoran sudah mulai luruh bersama air saat air hangatnya berubah menjadi dingin.

4. Buang air rendaman, lalu isi kembali dengan air hangat dan beberapa tetes sabun bayi


Siapkan kembali air hangat dan tambahkan beberapa tetes sabun bayi ke dalam wadah untuk proses pembersihan kedua. Ini bertujuan untuk mengangkat kotoran yang sulit hilang dari spons makeup dan menjadikan spons lebih steril. Perlu diingat bahwa kamu tidak harus menggunakan sabun bayi, tetapi bisa menggantinya dengan sabun lain yang kamu miliki.

5. Rendam spons makeup kembali

Masukkan spons makeup satu persatu, lalu peras spons secara lembut dalam air rendaman. Tunggu selama beberapa menit hingga kotoran luruh dalam air hangat.

6. Bilas spons makeup dengan air bersih, lalu peras hingga air pada spons makeup berkurang

membersihkan spons makeup

Setelah kotoran dan noda pada spons makeup luruh dalam air hangat, angkat spons makeup satu-persatu, lalu peras air pada spons makeup. Pastikan tidak air pada spons telah berkurang, lalu bilas spons makeup dengan air dingin bersih.

7. Keringkan spons makeup dengan menjemurnya di atas kain kering membersihkan spons makeup

Peras spons makeup hingga air pada spons makeup berkurang, lalu jemur di atas kain kering. Pastikan kamu menjemurnya di ruangan tertutup yang bersih dari debu. Hindari menjemur spons makeup di area terbuka karena dapat membuat spons makeup kembali kotor. Biasanya aku selalu tutup pintu dan jendela kamar saat mengeringkan spons supaya debu dari luar ruangan ga mencemarkan si spons yang baru selesai dibersihkan.

8. Gunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan membersihkan spons makeup


Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk setelah membersihkan spons makeup, kamu bisa mempercepat proses pengeringan menggunakan hair dryer lho! Cukup keringkan dengan hair dryer menggunakan suhu yang kamu inginkan, lalu spons makeup kamu pun akan cepat mengering. Tadaaa spons makeup sekarang sudah kembali bersih deh!

________________________________________________________________________________

Selalu ingat untuk membersihkan spons makeup kamu secara rutin satu minggu sekali agar tidak terlalu banyak sisa makeup dan bakteri yang menumpuk. Kemudian simpan spons makeup kamu di tempat yang tertutup agar tidak mudah terkena debu. Biasakan juga untuk mengganti spons makeup kamu dengan yang baru apabila terdapat permukaan yang rusak. Udah begini aja cara yang biasa aku lakukan untuk membersihkan semua spons makeup milikku. Semoga bisa menjadi referensi yang berguna untuk kamu dan terima kasih banyak sudah berkunjung. Hope you enjoy reading this tutorial!

Bu-bye!
xoxo,

This tutorial article is also published on www.probeautycare.com! Go check the website to see other beauty tips!

1 Comment

WRITE A COMMENT HERE!