In My Room-Story of July: Ever Since I Had a Dream, I Became a Dreamer…

Devoyage Bogor

✤  If you don’t come from a rich family, you have to work harder, faster, and stronger 

Easy to say but hard to do, right? But that’s the point that I wanna say in this whole story , hahahaha. Ok. Stop. Let’s switch to a different story first.

Belakangan aku lagi sibuk-sibuknya dengan kerjaan kantor. If ya all wanna know what my occupation is, I have more than one, FYI. Aku bekerja di sebuah International School, sebagai seorang Brand & Content Strategist selama 8 jam dalam sehari. Not a teacher ya, please, always keep in mind karena banyak banget yang mengira aku bekerja sebagai guru hehehe. I am not a teacher babe. Aku biasa ngerjain pekerjaan yang berhubungan dengan brand; which is social media, contents, trips, sponsorships, marketing things, dan lain-lain. Yaaa kerjaannya Public Relations gitu deh. Di lain waktu, aku juga bekerja sebagai CV Designer (ini lebih ke freelance sih, dan ini usaha pribadiku yang sedang aku kembangkan sejak tahun 2017 lalu). Aku biasa bikinin design-design CV clients dan kalo nanti design-nya udah jadi baru clients bayar hasil design-ku, seperti itu kira-kira sistematikanya. Di lain waktu, aku bekerja sebagai Web Composer, pekerjaannya yakni isi-isi konten website clients gitu. Kadang-kadang sekaligus build website mereka juga, jadi sepaket gitu lah. Di lain waktu lagi, aku seorang blogger di blog ini, which is noovihandayani.com, dan di lain waktu lagi, aku ngerjain pekerjaan rumah (sama kayak kalian lah, kurang lebih, cuci, setrika, bersih-bersih, dsb wkwkwk).

Yaaa, as I said before, beberapa minggu di bulan Juli kemarin aku lagi sibuk-sibuknya dengan kerjaan kantor dan freelance-ku. Super sibuk, sampe-sampe tiap pulang kerja, trus kerja lagi bentar di rumah, trus langsung tepar gitu aja. Aku yang biasanya selalu terbiasa nge-game, nonton film, baca buku, komik, atau nonton yutub dulu gitu sampe ga ada waktu sama sekali buat hal-hal tersebut. Jadi literally, hampir dua mingguan lebih itu aku bener-bener: bangun subuh, ibadah, makan, kerja, pulang, kerja, tidur. Gitu aja. Sampe akhirnya tiba pada waktu di mana aku berhasil berjuang menyelesaikan deadline kerjaan yang bener-bener gila cuma demi “me time” yang udah aku idam-idamkan banget.

Pas me time gitu aku merenungkan banyak banget hal yang sebenernya muter-muter di kepala tapi belum ada waktu buat aku follow up saking sibuknya. As if you have many things in your head but you’re too busy to think about them deeply gitu deh. Banyak banget, mulai dari curhatan-curhatan temen-temen yang meaningful banget, rezeki yang datang dan pergi, kekecewaan, dan cita-cita yang masih banyak sekali kusimpan. Aku beberapa kali memang ngerasa kecewa gitu di bulan Juli kemarin. Kecewa dalam hal kerjaan, keuangan, personal life, dan lain-lain. Ga perlu kuceritain detail yah. Aku sebenernya bukan tipikal orang yang gampang kecewa, tapi somehow, sometimes ya tetep bisa kecewa karena beberapa hal dan kali ini akhirnya aku ngerasa kecewa. Ya aku tau memang segala hal kan ga bisa berjalan semulus yang kita bayangkan, ga bisa memberikan hasil yang sebesar usaha kita. Ya, sekali lagi, I give the highlight, “hasil yang aku dapat, ga bisa selalu sebesar usahaku”.

Aku kecewa sih karena beberapa hal meleset dari apa yang aku harapkan dan rencanakan. Tapi untungnya reaksi dari kekecewaan ini ya biasa aja gitu, ga marah, ga bete, atau sedih. Cuma menghela napas kayak “ya udahlah, mau gimana lagi ya”, gitu. Abis emang bener kan, mau gimana lagi kalo sudah Tuhan yang berkehendak? Yang penting aku sudah usaha maksimal, soal hasil ya sudah diikhlaskan saja apa yang sudah digariskan Tuhan. Paling langkah selanjutnya as known as solusi yang kulakukan setelah itu ya introspeksi aja, apa yang kira-kira kurang dari diriku. Aku percaya, dalam sebuah sistem itu ada banyak hal yang akan mempengaruhi hasil, termasuk manusia. Kita, manusia, tentunya punya sistem kerja masing-masing kan yang nantinya akan menentukan hasil dari kerja kita.

✤  System is a set of connected things or parts forming a complex whole, in particular 

jadi misalnya hasil yang kita ekspektasikan ga sesuai, ya barangkali ada hal yang kurang dalam sistem kita. Aku mikirnya gitu aja sih, sesederhana itu. Aku koreksi lagi, mungkin aja usahaku sebenarnya masih ada yang belum benar-benar sempurna banget, karena itulah hasilnya belum sesempurna yang kuharapkan.

Aku cuma belajar untuk lebih menguatkan doa, ketekunan, tekad, dan semangat aja dalam mengejar segala hal, terutama cita-citaku. Ya karena hal-hal tersebut ga perlu bayar, kita bisa memilikinya secara gratis, sebanyak apapun, tak pernah ada costnya. Aku selalu percaya, 80% hal yang dibutuhkan dalam mencapai cita-cita itu ya kerja keras; which is membutuhkan doa, ketekunan, tekad, dan semangat. 20% nya lagi bisa bakat, keberuntungan, uang, dan lain-lain.

Aku sering punya mimpi, keinginan, dan alhamdulillah Tuhan selalu kasih itu. Tuhan wujudkan dengan cara-cara yang tak kusangka. Karena itulah aku selalu percaya dengan teori-teoriku tersebut. Aku sudah bisa membuktikannya, hanya tinggal selalu mempercayainya bahwa hidup itu selalu adil pada manusia, Tuhan apalagi. Aku ga perlu liat kanan-kiri, atas-bawah untuk melihat dan menilai apa yang mereka miliki, cukuplah aku jadi seseorang yang lebih baik dari diriku kemarin. Impian tidak datang untuk mereka yang duduk di situ-situ saja. Hasil tidak akan datang pada mereka yang hanya diam saja. Manusia perlu bergerak, begitupun aku. Dan aku memilih untuk bergerak menjadi seseorang yang lebih baik dari kemarin. Usaha, usaha, dan usaha. Don’t ever stop. Seperti yang aku bilang di awal kalimat tadi, If you don’t come from a rich family, you have to work harder, faster, and stronger.

Dan kamu, siapapun kamu, jika kamu punya impian, keinginan, maupun cita-cita. Apa  pun itu, jangan menyerah. Tuhan Maha Adil, kita cuma perlu banyak-banyak berusaha, tabah, dan bersabar.

Tak ketinggalan juga untuk Lombok, siapapun yang berada di pangkuanmu, Lombok, semoga mereka diberikan ketabahan dan kekuatan.

Sehat-sehatlah, Lombok… Baik-baiklah…

See ya on my August Story!
Bubye,
xoxo

1 Comment

WRITE A COMMENT HERE!