Beauty: Review Pratista Skin Care – Centella Series

PRATISTA SKIN CARE

Kulit wajah yang kering, kurang halus, dan mengalami tanda-tanda penuaan dini merupakan masalah kulit yang aku alami. Karena itulah, aku rutin banget menggunakan skin care supaya kulit tetap terjaga kelembapannya, jadi lebih halus, dan ga cepat menua atau keriput. Jangan sampai deh, di usia yang masih muda kulitku kelihatan lebih tua dari yang seharusnya. BIG NO!

Nah belakangan ini aku lagi tertarik banget dengan kandungan skin care yang terkenal banget dengan nama Centella Asiatica. Udah pernah denger belum? Well, Centella Asiatica merupakan tanaman merambat yang dikenal dengan nama Pegagan di Indonesia. Baca-baca sih, tanaman ini memiliki kemampuan untuk membantu meredakan inflamasi, mempercepat penyembuhan luka, merangsang pembentukan sel baru, dan meningkatkan produksi kolagen. Sepertinya bagus untuk kulit yang bermasalah dengan penuaan dini dan kulit berjerawat ya?

Karena itulah aku cobain salah satu rangkaian skin care lokal yang memiliki kandungan Centella Asiatica dari Pratista Official, yaitu Pratista Skin Care Centella Series. Seperti yang kutulis barusan, ini produk lokal. Belum ada outlet resminya dan baru bisa dibeli secara online, tapi udah ada No BPOM-nya.

BACA JUGA: REVIEW RAIKU BEAUTY ANTI AGING SERIES—SKIN CARE LOKAL PUNYA!

PRATISTA SKIN CARE

Ada 6 product dalam satu rangkaian Pratista Skin Care Centella ini, yaitu Pratista Centella Enrich Facial Wash, Pratista Centella Enrich Essence, Pratista Centella Enrich Serum, Pratista Centella Enrich Cream, Pratista Centella Enrich Day Cream, dan Pratista Salicylic Acid Gel.

PRATISTA SKIN CARE

Dari keenam produk Pratista Skin Care ini, aku udah cobain essence, serum, face wash, dan cream-nya. Si salicylic acid dari Pratista ini ga aku coba karena kulitku lagi ga berjerawat. So, mungkin aku coba di lain waktu dan akan aku update di post ini ya 😀

1. PRATISTA BRIGHTENING FACIAL WASH

PRATISTA SKIN CARE

Pratista Brightening Facial Wash hadir dengan tekstur kental berwarna transparan. Busanya sedikit, bisa dengan cepat membersihkan kulit, dan mudah sekali dibilas dengan air.

PRATISTA SKIN CARE

Packaging Pratista Brightening Facial Wash termasuk travel-friendly dan praktis karena disertai dengan flip top. Rapat ga flip top-nya? So far sih iya. Ga pernah bocor kalau kubawa pergi-pergi.

BACA JUGA: REVIEW HADA LABO GOKUJYUN ULTIMATE MOISTURIZING FACE WASH

PRATISTA SKIN CARE

Pratista Facial Wash ini merupakan produk yang paling aku suka lho. Jadi awalnya aku underestimate karena pas hari pertama penggunaan kayak ga ada first impression yang menyenangkan. Ga bikin kulit lebih lembap, lebih halus, atau lebih apaaa gitu. Just a so so.

Tapi pas udah hari ketiga penggunaan, aku ngerasa ada banyak improvement di kulitku, seperti jadi lebih lembap, lebih halus, dan lebih kenyal gitu. Sampai saat ini masih kupakai dan pasti aku habiskan karena suka dengan efeknya.

2. PRATISTA CENTELLA ENRICH ESSENCE 

PRATISTA SKIN CARE

Memiliki packaging yang lumayan unik, essence dari Pratista ini bikin aku shock pada awalnya karena bau alkohol yang lumayan strong. Pas pertama kali menepuk-nepuk essence di kulit wajah, bau alkoholnya langsung kecium. Untungnya, bau alkohol tersebut segera menghilang bersamaan dengan menyerapnya cairan essence, jadi aku ga ada masalah.

BACA JUGA: REVIEW WARDAH RENEW YOU TREATMENT ESSENCE (ANTI-AGING ESSENCE)

PRATISTA SKIN CARE

Tekstur cair essence cepet banget menyerap ke kulit. Ga sampai 1 menit udah menyerap dengan hasil akhir kulit yang terasa lembap. Aku khawatir kalau essence ini bakal bikin kulitku kering karena kandungan alkoholnya, tapi ternyata engga tuh. Kulitku masih tetap terasa lembap.

3. PRATISTA CENTELLA ENRICH SERUM

PRATISTA SKIN CARE

Pratista Centella Enrich Serum ini mengandung Centella Asiatica lebih banyak yang berfungsi untuk meningkatkan produksi collagen, melembapkan kulit wajah, mencegah kerutan, dan sumber antioksidan.

Packaging-nya unik dan teksturnya kental berwana coklat keruh/butek gitu. Sebenernya aku agak geli dengan warna serum yang coklat butek, tapi yaudahlah ya, cuma soal warna aja. Ehya, teksturnya ini bisa menimbulkan efek lengket setelah diaplikasikan ke kulit wajah, tapi hanya sementara aja kok. Nanti setelah ditimpa dengan Enrich Cream dan Day Cream-nya, rasa lengketnya langsung hilang. Cucok~

BACA JUGA: REVIEW THE BODY SHOP TEA TREE DAILY SOLUTION SERUM

Setelah serum diaplikasikan ke kulit, tentu aja kulitku jadi makin terasa lembap. Aku ngerasa kalau essence dan serum ini wajib untuk dipakai barengan terus kalau mau dapet efek kulit yang ekstra lembap. Tapi kalau untuk tipe kulit berminyak mungkin bisa dikurangin takaran serumnya atau mungkin SKIP aja ya.

4. PRATISTA CENTELLA ENRICH CREAM

PRATISTA SKIN CARE

Tekstur Pratista Centella Enrich Cream berbentuk krim padat berwarna putih susu. Meskipun padat, tapi tekstur enrich cream ini dapat dengan mudah meresap ke kulit wajah dan ga meninggalkan rasa lengket sedikitpun.

PRATISTA SKIN CARE

Packaging Enrich Cream berbentuk jar dan disertai dengan dua tutup jar agar lebih aman. Hasil akhir setelah mengaplikasikan cream tidak terlalu lembap dan glowing.

PRATISTA SKIN CARE

Menurutku Enrich Cream ini sifatnya melengkapi keseluruhan rangkaian agar hasilnya lebih maksimal. Dan karena direkomendasikan untuk semua jenis kulit maka hasil akhirnya ga glowing dan ga matte.

5. PRATISTA CENTELLA DAY CREAM

PRATISTA SKIN CARE

Pratista Centella Day Cream mengandung Centella Asiatica plus tabir surya SPF 30, sehingga dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Tekstur hampir mirip dengan Centella Enrich Cream, tetapi tekstur Day Cream ini cenderung lebih creamy. Packaging Day Cream juga sama dengan Enrich Cream, jadi wajib cek tulisannya dulu sebelum pemakaian supaya urutan pemakaiannya ga salah.

Aku suka dengan Pratista Centella Day Cream ini karena ada kandungan SPF yang bisa menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari. Teksturnya juga ga bikin kulit lengket atau berminyak. So far aku pakai sih normal-normal aja.

HOW TO USE PRATISTA CENTELLA SKIN CARE

PRATISTA SKIN CARE

Urutan pakainya adalah Facial Wash – Essence – Serum – Enrich Cream – Day Cream – lalu Salicylic Acid (apabila berjerawat). Ohya, khusus Day Cream-nya ga dipakai di malam hari ya, jadi hanya digunakan di pagi/siang/sore hari.

Meskipun sudah ada SPF pada Pratista Day Cream, tetapi aku tetap menggunakan sunscreen lagi untuk perlindungan yang lebih baik. Karena Pratista ga menjual sunscreen, jadi aku menggunakan sunscreen dari brand lain. Setelah pakai sunscreen, baru deh

BACA JUGA: REVIEW SUNSCREEN BIORE UV AQUA RICH WATERY ESSENCE SPF 50+ PA++++

CONCLUSION

PRATISTA SKIN CARE

Selama lebih dari 7 hari menggunakan Pratista Centella Skin Care ini, tekstur kulitku jadi terasa lebih halus. Kelembapan kulit juga selalu stabil dan memberikan efek tampilan yang glowing.

PRATISTA SKIN CARE

Aku paling suka dengan facial wash-nya yang bikin kulitku terasa halus banget setelah membersihkan wajah. Ga ada efek negatif sama sekali selama aku menggunakan Pratista Centella Skin Care. Hmmm, jadi artinya, rangkaian Skin Care ini sudah APPROVED! Untuk Salicylic Gel, aku akan update review-nya apabila nanti sudah kupakai ya.

So, that’s all for my review about Pratista Centella Skin Care. See ya soon on my next post. Bu-bye!

NOVI
XOXO

17 Comments

  1. Ku juga udah pakai skincare yg ada centella-nya. Alhamdulillah cocok di kulit dan bisa bikin cerah muka. Jadi penasan nyoba Centella di pratista ini deh, moga2 cocok juga di kulitku

  2. Lengkap ya produknya mbak 😀
    Mulai pembersih wajah, serum, sampai krim2nya, Kyknya kalau mau punya hasil bagus kudu beli lengkap semua nih ya 😀

  3. Waaaaahhh aku baru Tau nih Ada skincare baru lagi. Aku jarang ganti – ganti skincare sih, tapi sepertinya ini boleh dicoba yaa.

    1. bukan beb, maksud aku kalau berminyak bisa skip pakai serum si pratista ini karena serumnya lembap banget. kalau kamu pakai serum lain ya aku gatau beb, beda cerita lagi itu sih hehe.

  4. Packagingnya gemesin. Bikin para cewek kepengen nyoba deh. Rentang usia berapa ya bisa pake poduk ini? Takutnya yang udah 35++ kayak aku kurang cocok deh. 😀

  5. beb kulit wajahnya jd kelihatn lebih bgus setelah pake pratista, ak blum pernah coba pake pratista ini sih beb XD tp suka liat hasilnya dikamu

  6. Wah skrg makin banyak aja skincare lokal. Salah satu nya pratista ini ya. Jd penasaran sih pen coba. Next klo skincare udh mau abis.

WRITE A COMMENT HERE!