Papua, Destinasi Wisata Hijau yang Sangat Ingin Aku Kunjungi

Papua destinasi wisata hijau

Merasa jenuh dan sumpek dengan hiruk pikuk Ibukota, kadang-kadang membuat aku ingin bepergian ke luar pulau, di mana masih banyak pohon-pohon rindang dan udara segar yang bisa aku jumpai. Seperti halnya Papua, yang masih sangat kaya akan wisata hijau, aku ingin sekali kesana untuk menyaksikan seindah apa pemandangan yang ada.

Jika membicarakan Papua, pasti yang langsung terlintas di pikiran adalah Raja Ampat. Yes, aku pun pertama kalinya memiliki keinginan untuk berkunjung ke Papua karena melihat keindahan Raja Ampat dari foto-foto yang kutemukan di internet. Bukan sekadar indah, tapi menakjubkan. Ga menyangka sama sekali bahwa di Indonesia ada tempat dengan pesona alam sehebat itu.Β 

Tapi, tempat-tempat wisata di Papua yang menyajikan pemandangan indah dan menakjubkan ga hanya Raja Ampat lho. Masih banyak sekali tempat-tempat lain di Papua yang tidak kalah indah dan wajib untuk dikunjungi. Berada di ujung timur Indonesia, Papua merupakan destinasi wisata hijau di Indonesia karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam dengan banyaknya bukit maupun pepohonan yang tampak indah dan menakjubkan.

Papua destinasi wisata hijau
Photo by: discoveryourindonesia

Datanglah ke Papua destinasi wisata hijau, maka akan kau temukan keindahan-keindahan yang membuatmu takjub dan terpesona. Kalimat ini rasanya selalu terngiang-ngiang di kepala saking inginnya aku untuk pergi berkunjung ke Papua. Karena keinginan yang begitu besar ini jugalah akhirnya aku memulai mimpiku untuk berkunjung ke Papua dengan mencatat tempat wisata hijau apa saja yang ingin sekali aku kunjungi saat ke sana nanti.

Kepulauan Raja Ampat

Papua destinasi wisata hijau
Photo by: pesona.travel

Kepulauan yang ada di ujung barat laut pulau Papua bukan hanya jadi surga tak bertepi untuk para penyelam, tapi juga harta karun untuk para wisatawan yang haus akan keindahan alam. Lihat saja, bukan hanya banyaknya hutan tropis yang membikin suasana asri, tapi juga deretan pulau-pulau yang keindahannya yang mempesona. Kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut membuat perairan Raja Ampat menjadi salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia.

Danau Sentani

Papua destinasi wisata hijau
Photo by: instagram.com/trisnaindonesia/

Ga kalah dengan Raja Ampat, danau yang memiliki 30 jenis spesies ikan tawar ini juga dikelilingi oleh 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Bukan hanya itu, Danau Sentani juga memiliki Bukit Teletubbies yang terkenal dengan bukit hijau bergelombang.

Danau Love

Papua destinasi wisata hijau
Photo by: adira.co.id

Berjarak sekitar 50 KM dari pusat Kota Jayapura, Telaga Imfote ini akhirnya lebih sering disebut sebagai Danau Love karena bentuknya yang seperti simbol love (hati). Jika dilihat dari ketinggian, Danau Love terlihat dikelilingi oleh bukit-bukit savana hijau yang indah dipandang. Ke sana bersama pasangan, sepertinya akan menjadi momen yang sangat menyenangkan dan romantis, ya?

Gua Binsari

Papua destinasi wisata hijau
Photo by: tripadvisor.co.id

Ga hanya perairan saja, aku juga ingin sekali berkunjung ke gua-gua yang ada di Papua, salah satunya ialah Gua Binsari. Gua ini berada di Desa Sumberker, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor. Menurut cerita, dulunya Gua Binsari merupakan tempat nenek moyang orang Biak melakukan hubungan dengan alam gaib. Lalu beberapa lama kemudian, para tentara Jepang menemukannya dan menjadikannya tempat persembunyian. Aku ingin sekali melihat benda-benda bersejarah yang ada pada museum dalam kawasan Gua Binsari. Terkesan mistis dan bersejarah, aku justru jadi penasaran banget untuk melihatnya secara langsung!

Telaga Biru Wamena

Papua destinasi wisata hijau
Photo by: indonesia-tourism.com

Telaga Biru merupakan destinasi wisata di Papua yang terbilang unik dan ajaib karena warnanya yang hijau toska. Telaga ini berada di balik bukit terjal dan dikelilingi tebing maupun pepohonan hijau, membuat telaga ini terisolasi dari sekitarnya. Dari cerita yang dipercaya oleh masyarakat, telaga ini menjadi tempat munculnya manusia pertama kali di bumi. Bikin penasaran banget ya? Walaupun terdapat larangan untuk berenang di telaga ini, tapi tidak menghentikan keinginanku untuk melihat keindahan telaga dan warna airnya ini.

______________________________________________________________________________

Indah-indah sekali bukan wisata hijau yang ada di Papua? Tidak hanya menikmati pemandangan alamnya saja, tapi kita sebagai masyarakat juga berkewajiban untuk selalu melestarikan keindahan yang ada. Caranya dengan tidak mengotori tempat-tempat tersebut saat berkunjung dan mempromosikannya ke masyarakat yang lebih luas.

Di Indonesia sendiri, terdapat Yayasan Econusa, sebuah yayasan non-profit yang memiliki visi untuk menjaga lingkungan melalui pengelolaan sumber daya alam yang ada.

Dengan mendukung keberlangsungan hutan maupun wisata hijau yang ada di Papua, semoga kita juga dapat mewujudkan Indonesia yang kaya dan lestari.

Papua itu kaya,

Papua itu Indonesia…

WRITE A COMMENT HERE!